Friday, January 23, 2009

Government office vs private office

Udah lama gag ngepost ya gw? Sebenernya gw masih tetep nulis, cuman males upload aja... *internet kantor gw ble'eeee....*


Let's do this in Indonesian, shall we? Sapa tau aja, oknum2 yang gw sebut di sini kesindir...Dua hari ini gw ngurus surat2 (again...sigh) buat ngelengkapin syarat dan ketentuan yang berlaku supaya gw bisa mengabdi penuh kepada masyarakat republik Indonesia ini... Anjrit, bahasa gw... Beneran deh... emang, nyari kerja itu susah,,, tapi kalo ketrima kerja trus gw mesti mpe bolak-balik koprol2 gini, mending gw balik ke Bali dan ditendangin kursi susu kambing itu lagi deh... Apa emang harus seribet inikah? Banyak yang ngebedain antar kerja di swasta sama kerja di pemerintahan, gw rasa itu juga yang ngebedain perilaku orang yang kerja di dalamnya... Gw sering ngalamin kejadian nggak enak soal urusan ma orang2 pemerintahan (Dan sialnya, gw masuk dalam lingkaran setan itu,,, argh...). Mungkin karena tampang gw agak2 kurang dipercaya, gw jadi susah ngurus surat2...

1. Gw baru aja diterima di kerjaan yangmasukdalamlingkaransetanituh... dan mo ngurus kartu kuning + SKCK...Pagi2, gw baru mendarat dari Bali, gw suru adek gw geber mbleki biar cepet sampe (Owh,,, ngebut si ngebut, tapi kami sempet sarapan dulu di pinggir jalan, hehe... mates, kalo kata Tommy, logika nggak akan jalan tanpa logistik, hehe). Trus sampe di rumah, naro2 barang, pergilah gw ke tempat pak RT gw, memasang tampang gadis rumahan baik2,,, sampe di gerbang depan rumahnya, istrinya yang nyaut salam gw... Istri pak RT bilang 'mbak, pak *tiiiiiiiiiit* nya baru keluar maen tenis...", gw jawab, 'Oh, kalo gitu, kapan pulangnya, tante?', dia bertampang bingung... 'wah, nggak tau, mbak?',, dalam hati gw, ni laki-bini bukan si? moso lakinya latgian tenis, bininya kaga tau mo pulang jam brapa? bukannya latian mah mestinya rutin ya? laki-bini yang aneh... gw jawab, 'Hmm, ya udah, nanti siang saya ke sini lagi, Tante'. Istri pak RT panik....'Jangan nanti siang, mbak... besok aja, pagi2. Toh ngurus SKCK sama kartu kuning mesti hari Senin'. Nggggraaaaaaaaaaaaaaaaa.... Gw tau itu hari sabtu, mangkanya gw ngejar pak RT biar bisa hari itu minimal gw dapet surat keterangan dari lurah... nggggraaaaaaaaa.... Lagian, latian tenis mpe seharian, gitu? Sampe gw mesti ke sana besoknya? Uhuhuhuhu... yasuw lah, malang tak dapat ditolak, untung sodaranya donal bebek... tau gini, mending gw pulang hari minggu aja, bukannya hari sabtu gini... Dan, setelah gw ketemu tu bapak RT, istrinya dengan sotoynya berkata 'loh, buata apa tho, mbak, bikin SKCK sama kartu kuning? mbak masih kuliah kan?' Heeee? Engh, Tante... masih ingat saya, tidak? I lived next door, you know... Kita tetanggaaaaaaaan,,, ya olo... males gw, balesnya...

2. Gw ke puskesmas deket rumah gw, nyari surat keterangan sehat,,, masih dalam rangka gw ketrima kerja yangmasukdalamlingkaransetanituh,,, baru gw masuk puskesmas, gw disodori pemandangan ibu2 ngobrol di meja depan sementara pasiennya keleleran nunggu panggilan *dan pemerintah ngebayar merek buat ngobrol? bagooooossss, coba aja gw ngobrol pas si Oom lagi sibuk meeting, bisa disamperin trus digampar bolak balik gw...*. Gw masuk, nanya sama gerombolan itu...Bo: 'Bu, di sini bisa bikin surat sehat?Ibu2: 'Oh, ya bisa tho, mbak..." *dengan nada nyolot, pandangan ngejek, gestur terganggu karena gw sela sesi ngobrol2nya*Bo: 'Oh, kalo surat keterangan bebas narkoba, bisa sekalian?'Ibu: 'mbaknya butuh buat apa tho?' *lebih annoying dari yang tadi...*Bo: 'Oh, buat syarat pemberkasan *tiiiiiit*' *gw rasa, lu blom jawab pertanyaan gw tadi deh bu... Bisa ato nggaaaaak? Kok lu malah pengen tau buat apaan... Do I look like a junkie to you? Tidak, lingkaran hitam di mata gw ini permanen, nggak bisa ilang walo gw hibernasi...*Ibu: 'Lho? emang udah pengumuman? Kemaren baru pada ndaftar, kok... Nanti kalo udah ketrima baru bikin'Bo: 'ehmh, saya sudah diterima, bu. Makanya saya nyari surat keterangan' *aaargh,,, penting ga sih? bisa bikin di sini gak si?'Ibu: 'Lho, bukannya tesnya serempak?'Bo: 'Saya di pusat, bu' *gw sampe berpikir, mungkin lebih mudah kalo gw bilang tadi gw butuh surat itu karena gw disinyalir make obat2an terlarang,,, shit...*Ibu: 'Lho, mbaknya uda keterima toh? di departemen kesehatan?' *yang ngeliatin gw dari atas ke bawah, ngeliat tampang gw baik2, dengan tatapan gak percaya sama skali*Bo: 'Bukan, bu...'Ibu: 'Whooo, tak kira di Depkes, pantes kok masuknya mudah banget,,,'*pada saat itu gw bener2 pengen ngebejek2 tu gerombolan ibu2, yang dengan angkuhnya bangga dengan kerjaan dya yang cuman nongkrong2 doang dan digaji, dan nggak percaya dengan tampang gw... Who do you think you are, Ma'am? Bukannya dya seharusnya ngelayanin gw, sebagai masyarakat pengguna jasa puskesmas? kok ya aneh, sih...*Dan, dya nggak ngejawab pertanyaan gw, kembali ngobrol ma temen2nya, ngetawain gw,,, akhirnya gw tanya sama orang laen, yang untungnya kaga se'sibuk' gerombolan ibu2 tadi...Sekarang kalo lu kerja sbage yangmasuklingkaransetanituh,,, lu mestinya tau, gaji yang lu terima tiap bulan itu, datangnya dari masyarakat, bok... gak seperti swasta yang memperlakukan orang yang datang di muka pintu dengan baik dan benar *bahkan si oom yang tampangnya aja bikin males nengok ke dya, bisa berubah periang, baik hati, humoris, dan tidak songong sama klien dya... walopun stelah klien pergi, dy 'curhat' ma anak buahnya...*, para pekerja yangkerjaannyamasuklingkaransetanituh bahkan dengan sadar ngetawain gw, sebagai masyarakat pengguna jasa... No wonder, orang nggak percaya sama para pekerja yangkerjaannyamasuklingkaransetan ituh...

3. Gw ngurus NPWP di kantor Pajak SUKOHARJO, nih, gw tulis gede2, sapa tau ada yang ngebaca trus bisa sekongkol ngrikitin komputer canggih di kantor itu, yang dipake sama orang yang keknya make mesin tik aja sulidh...Gw ngurus NPWP dianter Pap, ke kantor pelayanan pajak pratama sukoharjo yang entahapayangdipikirinmapemerintah di letakkin di Klaten,,, sampe di sini aja, gw udah heran banget... tapi, sudahlah, kata temen gw, ngurus NPWP mah cepet... gw sampe di sana jam stengah spuluh... loket yang ngelayanin NPWP cuman sebiji, padahal ada enam loket... gw dikasih formulir, gw isi dengan takzim... gw serahin lagi sama bapak2 yang di loket itu... Si Bapak lagi mantengin layar monitor dengan tatapan *idon'thaveanyideawhatamidoing,couldsomebodyjusthelpme?*, sambil tangan satunya nutupin sebagian muka dya... perasaan gw udah nggak enak... *baik ketika gw gawe di LABO atopun pas di Gfab, kedua tangan gw melakukan sesuatu... kibor komputer kan didesain biar kedua tangan kita bekerja, iya kan?* gw disuruh nunggu sama tu bapak2. Pas gw nunggu, mbak2 di sebelah gw ngomong 'Bapak yang duduk di depan loket itu ja datangnya jam 8 lho, mbak...' Dan itu udah jam 10,,, ohmaigat... hari ini bakal panjang, Pap... Bener aja gituh, gregetan aja gw, ngeliat tu bapak ngisi data2 gw di komputer cuman pake satu tangan *yang difungsikan sbage pemegang mouse sekaligus buat ngetik kibor*, sementara tangan satunya kalo gak buat ngusap muka, nopang dagu, nutupin muka... aaaaarrrgggghhhh,,,, sini, biar gw yang ngisi tu form... Pap mulai nanya, waktu jam 11, 'mbak, itu dia ngapain ya, di depan komputer, kok kayaknya susah banget nggerakin tangan, trus mukanya kok serius banget',,, gw jawab 'serius dya, Pap... Solitaire yang dya maenin lagi buntu...'. Kalo bokap udah mule komentar, there must be samting rili2 rong ebot it... Pap kluar ruang, trus balik lagi... 'walah, nomer pengaduannya dua2nya mati, mbak... mesti wis ngerti nek akeh sing protes'... Ohoho, bokap mpe proteeeeeessss... gimana kalo kita sabotase, Pap? aku nyedot bensin duku dari mobil? Wah, tapi nggak punya korek ya, Pap? mohohoho.... Jam 12.30 siang, bokap nanya ke gw, kapan penderitaan dan penantian panjang ini berakhir? gw ke bapak2 yang ngurus NPWP 'Pak, kira2 kapan selesenya ya?'... Bapak2 menjawab, 'Wah, ya, nggak tau ya, mbak...' Haaaaah???? maksud lo, paaaaak??? gw tanya 'Lho? kok nggak tau sih, pak?', bapak2 ngeles, 'Nunggu dari blakang aja mbak, printernya lagi ngadat'... Arrrrrgggggghhhh,,, you've gotta be kidding me!!! Orang2 yang datang setelah gw udah dapat NPWP mreka, dan si bapak2 itu ngeles soalnya gw cuma pegawai, jadinya agak lama... Agak lamaaaa? gilak, ngabisin waktu 3 jam, gw udah bisa beli spatu, bli baju, makan, pulang pergi solo-yk... Gila lu, pak... Akhirnya tu NPWP baru slese jam 2, stelah tampang gw berubah jadi kek nahan pup, dan tu bapak2 gw pantengin pestupes,,, dan voila! hasilnya hanya sebuah kertas yang perlu gw laminating... damn, bener2 canggih sih, Pak... mangkanya butuh waktu lama...

4. Di atas itu semua, gw jauh lebih sebel sama kantor gw yang baru ini,,, yang katanya pegawainya 10,000 orang ini... kenapa juga, anak2 baru nggak dibikinin rekening kolektif, gitu? ato NPWP kolektif? Cuman karena mreka males ribet, kan? Gw udah curiga sejak awal, waktu gw mesti ngelampirin hasil tes toefl, sebelom tes. Di saat organisasi pemerintah yang laen ngadain tes ini-itu sendiri, biar pegawai barunya sesuai standar mreka, kantor baru gw, mensyaratkan hal2 itu kita sediakan sendiri... Apa coba? Gak mau repot banget...
Ah, sudahlah... right or wrong, it's my country... good or bad, it's the place that I'll be working in until i turn 56 (T.T). Wish me a lot of luck, guys!


*Oh, walo ada kantor pemerintahan yang ngeselin kek gitu, masih banyak juga kok, yang baik... yah, asal lu tahan digodain aja... Kalo di luar negeri, udah masuk sexual harrasment kali, digodain gitu, mah... waspadalah...waspadalah...*




---
TiQi Bo

No comments: