Wednesday, May 14, 2008

Pop Quiz

Tebakan dari Andang, temennya Mivta,,,

Jadi, dya ngasi tebakan buat gw... begini tebakannya:
Ada 4 orang... (A, B, C, D)
A+B+C, patungan mo beli bakso (maaf ya mas Andang, tidak mendukung penyebutan barang yang lu gunakan sbage perumpamaan, hehe...), seorang 1,000.. jadinya kan 3,000 yah?
Trus, orang ke empat, si D, adalah yang kebagian suru ngebeliin bakso ituh... ternyata tu bakso kalo beli 3 harganya cuma 2,500 bukannya 3,000.
Pulanglah si D, membawa 3 buntelan bakso dan duit 500 rupiah.
Sesampenya di tempat temen2nya tadi (yang tega2nya nyuruh temennya sendiri tanpa ngebeliin bakso, jih...) dya ngembaliin tu duit 500 perak ke temen2nya..
A,B,C ituh kasian ma D, udah cape2 ngebeliin bakso, ga dapet jatah pulak... akhirnya, dari duit 500 perak ituh... masing2 dapat 100 perak, dan ngasi sisa 200 perak ke D sbage imbalan jasa.

Pertanyaannya adalah... mari berpikir...
kalo 3 * 1,000 = 3,000
.: 3,000 - 2500 = 500
dan masing2 dapat kembalian 100
jadi 1,000 - 100 = 900
900 * 3 = 2,700
dan si D dapet 200 perak...
.: 2,700 + 200 = 2,900
yang 100 perak kemanaaaaaaaaaaaaaaaaaaa?


huiks...
mas Andang jahat ituh, ga maw ngasi tau gw gimana jawapannya... sial... dya milih gw mati penasaran... sial...


Help me out, temaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaannnnnnnnnnnsssssss!!!!


---
TiQi Bo

update 15 Mei 2008: Akhirnya teman2 gw yang baik (dan lebih pinter, jauh lebih pinter, T.T) dari gw, memberikan gw jawabannya... rasakan lu, mas Andang! Rasakaaaaaaaaan!!!! (tertawa bengis dan puas...)

5 comments:

lembukuning said...

ayo mencoba menjawab

A,B, dan C masing2 bayar 1000.
Lalu masing2 mendapatkan kembalian 100.
Jadi uang A,B, dan C adalah 900+900+900 = 2700
Harga bakso = 2500
Si D dapet 200
Nah liat gak kecocokannya?
si D dapet dari sisa 2700 - 2500 = 200
Jadi gak ada tuh hilang 100 :) hehehehe
jangan bias dengan uang 3000 :p

Gua dapet tas birdy donk yah!!! :D

Sugiyono said...

Setuju, jangan bias dengan uang 3000 ribu, karena sebenarnya A,B,C hanya iuran 900 x 3= 2700, tidak pernah 3000. Kenyataan akhir lebih penting daripada kata-kata awal.

TiQi Bo said...

hwooooooooooo......
begitu yaaaaaa....
terima kasih...
arigatou...
danke...

(berpikir, ternyata gw bener2 terlalu bodoh, mwahahahaha)

@lembu kuning: nope... over my dead body, mbak! gw aja lom dapet...
@ sugiyono: tararengkiyuh... ^^

lembukuning said...

sanjung : "100 nya ada di abang baksonya!!"

anggun : "iya, kan 2500 dibagi 3 sisa 100 tuh"

gua : "???"

TiQi Bo said...

sanjung: plis de... kasian banget jadi abang2 tukang bakso... hidup segan, mati tak mau... penuduhan niy!

anggun: kok malah tambah bruwet tho, kak? aku malah tambah gag ngerti... padahal tadinya udah mendapat pencerahan *darn*

lembu kuning: sama, gw juga tambah puyeng, mbak...T.T