Tuesday, November 6, 2007

Renungan malam ramadan





Temen2 gw sering bertanya pada gw, sebenernya agama lo apaan si, Bo?
Pada saat mreka bertanya, sebenernya gw tersinggung... walopun dikit...
Karena bwat gw, gw gak punya agama, tapi gw punya Din...
Dan hal itu bwat gw, bukan status gw... Tapi hubungan personal gw sama Tuhan.

Hari ini mulai puasa (13 Sept 2007). Puasa taun ini, masi sama seperti taon lalu, status gw masi mahasiswa... Heheh, moga2 secepetnya lulus... Biar ada yang bisa dibanggain nyokap-bokap gw...
Ngomongin soal bokap-nyokap gw.... Banyak temen gw bertanya, sebenernya sperti apa si hubungan lo ma orang tua lo? Maaf kalo ada yang gak stuju ma pendapat gw dalam tulisan ini.
Kebanyakan temen gw, ketika baru knal gw, menganggap gw terlalu mandiri, terlalu individualis... Gak seperti kebanyakan perempuan Indonesia. Ini bener juga si... Pemikiran gw sering gak masuk dalam norma keIndonesiaan... Ya, mo gimana, gw cuma nyoba berpikir rasional aja kok... Buat gw, apa yang gak ada dalam keyakinan gw dan gak masuk akal, sulit gw terima. Seperti, ngapain gw ngejar cepet2 lulus padahal masi ada batesan setaon lagi, biar ngejer kumlot. Buat gw, apa yang udah gw trima dalam transkrip gw adalah upaya optimal gw selama kuliah... Let's face it, gw ga bakal dapet A dalam mekanika teknik, yang walopun dosennya asik, pelajarannya ruwet... Dan gak masuk akal bwat gw, ngulang setaun lagi biar dapet B ato A. Gitu juga dengan percakapan sama orang tua gw... Temen gw sering nyangka kalo gw ngobrol ma temen gw kalo lagi ditelp nyokap. Knapa nggak? Berharap gw bisa berbahasa jawa kromo inggil yang baik dan benar? Then, don't call me... ever! Mo dipaksain juga, ntar malah nyinggung yang gw ajak omong lagi... Bwat gw, rasa hormat gak ditunjukan dengan omongan lo, tapi cara lo mandang seseorang, cara lo memperlakukan seseorang... itu yang masuk akal bwat gw... Itu juga berlaku buat nyokap bokap gw. Gw hormat ma mreka, karena toh mreka orang tua gw. Tapi mungkin cara nunjukin hormat gw bwat mreka gak bisa ditrima sama orang kebanyakan. Tapi, slama bokap-nyokap gw ga masalah sama cara gw, so what?
Ketika temen2 gw mengenal gw lebih jauh, mreka bilang gw anak mami... Apa2 nyokap, apa dikit pulang rumah, apa dikit ngomong ma nyokap.. Ya iyalah... Kemana2 gw bawa nama orang tua gw... Gw harus bertanggung jawab penuh sama bokap-nyokap gw... dan terserah orang mau bilang apa soal ini, yang jelas nama baik orang tua gw (sejelek apapun nama mreka di masyarakat, smua tergantung sama baik-buruknya gw membawa diri gw di masyarakat, kan?) ada di diri gw... Gw emang gak menonjol di bidang apapun, tapi gw brusaha untuk gak terpuruk juga...
Jadi? Yah, gw sayang banget ma orang tua gw... Gw juga sayang ma King, adek gw atu2nya (hopefully..)... They're everything for me in this world... Kesalahan orang adalah berharap kluarga mreka jadi kluarga yang sempurna, dengan berkca pada kluarga siapapun yang dianggap baek... Bwat gw, kluarga gw gak sempurna, seperti halnya gw yang gak sempurna. Tapi, Tuhan gak mungkin naroh gw di kluarga semacam ini kalo gada maksut baik di dalamnya. Maksut Tuhan ini bukan menjadi keluarga yang sempurna, tapi keluarga yang melengkapi satu sama lain.
Ya, maaf kalo trus gw sering ada di rumah kalo wiken, trus menelantarkan temen2 gw, dibilang songong, dibilang anak mami, dibilang cemen. After all things you have done, after all works you have finished... What you really want to do is come back home, and just recharge your true self for a moment.
My family may not be the best family I've ever met, I confessed...
But my family is, infact, the most perfect pieces of puzzle that completes my life...
Di Ramadan kali ini, gw berharap, gw bisa jadi seseorang yang berguna, dibanggakan, dan membahagiakan bokap, nyokap dan King gw...
Dan gw berharap bisa semakin sering menyatakan rasa sayang gw baik verbal maupun non verbal ke mereka...
Cos that's why God create me on earth...


Lebaran 2007, euy^^/~

No comments: