Tuesday, November 6, 2007

Memoirs of KKN

Tikki Mahayanti adalah nama yang gw berikan pas kenalan ma anak2 KKN... Kmudian stelah 2 bulan, ternyata mreka bisa nyadar juga kalo ternyata nama itu cuma kamuflase semata.... Stelah mlihat tingkah laku gw (dan bocoran dari temen2 Arsitektur UGM yang bersatu padu dalam tim tata ruang...) mreka tau kalo nama gw sbenernya TiQi Bo... Bahkan dengan gaharnya manggil gw dengan 'Bo' doang... Hyahahaha.... Nasip gw... Abes pener...

TQBo menjalani kehidupan di tengah2 kebun salak selama 2 bulan pada bulan Juli - Agustus tahun 2007. Heheh, literally... bener2 di tengah kebun salak, di lereng Merapi, di kelurahan Purwobinangun, dukuh Ngelosari, dusun Karangnongko. Sebuah dusun berisi 12 rumah
(Yang brarti 12 KK, sejumlah sederet gang rumah ortu gw di Solo, yaiks!). Di rumah Agustinus Mujimin (selanjutnya disebut Om Jimi) dan Agnes Parjiyati (selanjutnya disebut Ibu).
Berusaha tetap berada di dalam satu atap selama dua bulan waktu KKN dengan 7 orang lainnya: David EH Pasaribu (Dapit), I Wayan Dirgayusa (Bli), Andri Kurniawan (Andri), Bernike Christiawan (Oom), Made Arya Wicaksana (Arya), Media Nova (Memed), Bay Vety Vera NS (Bay). Sulit banget bwat seorang TQBo yang terbiasa berada dalam kubikel 3*4 m2 sorangan, glundang glundung, ngupil, cengoh, menatap monitor Pisyi dengan tatapan senonoh, yah basically doing nothing di dalam kubikel itu... Skarang, gw harus share nyaris setiap waktu idup gw ma 7 orang lainnya, termasuk yang empunya rumah sekeluarga, sigh... tough job.
Yah, begitulah... smua keegoisan, kekeraskepalaan, kedunguan, kebatilan, kemesuman (huhuh,,,), keabstainan, pokonya intinya gw brusaha mengurangi apa2 yang menunjukkan siapa diri gw sebenernya (yang mana, sama skali gada bagusnya, hoho...)
TQBo brubah menjadi seseorang yang agak sedikit rada bagusan dari yang sebenernya, hehe...
Jadi, pertanyaannya adalah, apakah TQBo menampakan sifat asli TQBo selama di tempat KKN? Sering, tapi jarang kepergok, hauhau...
Contohnya?
Pada suatu pagi yang cerah, TQBo yang slama KKN brusaha membuka mata sepagi mungkin(Spagi2nya gw, tetep jan stengah enem juga, ga bisa lbh pagi lag... Bawaan males si...), brusaha menjadi tipikal anak KKN yang baek dengan membantu Ibu memasak di dapur... Dasar tampang gw emang ga meyakinkan kali ya, kalo ditanyain soal bumbu (bukan kaga meyakinkan si, orang kaga ngarti sama skali.. Jadi tatapan mata gw kosong...), jadi gw ditaro deket tungku (Gak, gw ga dijadiin bahan bakar tungku... Tadinya Ibu mungkin berniat gitu, ngliat gw dengan kedunguan gw yang ude kaga tertolong lg, tapi gw mengancam makan Molly bulat2, jadinya g jadi bahan bakar dah gw..).Instead, gw disuru jagain bakwan kebak minyak yang sedang digoreng. Trus, dengan sotoynya, gw maen2in dah tu penggorengan, sampe terbersit dalam pikiran gw (yang kosong ini...), apakah minyak yang dipanaskan dengan tungku sama rasanya dengan yang dipanaskan dengan kompor gas, seperti biasanya di rumah? Trus nyoba dah gw, di paha gw... Dan... darn... rasanya tetep panas bukan maen.. gw baru inget plajaran fisika, dipanasin dengan cara apapun, suhu 100 drajat celsius rasanya juga tetep panas, gak suam2 kuku... Dan apakah ada yang melihat? Hanya Ibu... huhuh...
Trus apa lagi, contohnya?
HP Nokia 8210 Andri pernah ilang di pondokan (terjadi pas gw pulang ke Solo, jadi gw bebas dari tuduhan mencuri, hauhauhau... Lucky... Sialnya, Arya yang dituduh, hehe...). Tmen2 pondokan gw udah bilang kalo tu HP uda dicari kmana2, tapi g ketemu. Namanya jg gw, ga puas kalo ga ngebuktiin sendiri. Jadi, pagi2 buta gw bangun, pada saat pondokan masi sunyi senyap (Dan ada suara ngoroknya Oom). Gw reka adegan, trus berjongkok2 nyari tu HP, mpe ngintip kolong2 kursi, meja, lemari... Karena gak ketemu, gw nyapu lantai, dengan harapan tu HP ketemu pas gw nyapu, trus gw ngeberesin meja, dengan harapan tu HP ketemu (abis, keknya sepondokan kagada yang ngeberesin meja, ya? darn...).. Usaha gw sia2... Trus gw mulai berpikiran, sebaiknya gw berbicara dgn Molly mengenai hal ini... Sayangnya, usaha gw bwat berbicara dengan Molly terkendala masalah bahasa, Molly bisa bahasa Manusia dan bahasa anjing, sementara gw menguasai bahasa TQBo dan bahasa tubuh... Usaha gw sia2... Dan yang ngliat kebodohan gw ini? Heheh, gw sendiri ma Tuhan, ngkali... Pada akhirnya, terbukti kalo Molly yang ngegondol tu HP, gara2 bau ikan pindang yang menempel padanya... Gw mule kecewa pada diri sendiri, knapa gw gak blajar bahasa anjing ato bahasa manusia dari dulu? Males ga bakal ngebawa lo kmana2, Bo..
Ah, itu si tipikal TQBo banget, ada yang lebih dungu lagi?
Uhm,,, pas tanggal 25 Aug, tersebar isu yang dilemparkan ma Dapit, kalo smua laporan2 harus dikumpulkan tgl 28 (muup kalo salah tanggal, gak begitu inget soalnya... It was long time ago, amigo...). Trus gw, Dapit, Andri, ma Bay nglembur bikin tu laporan mpe ngantri2 letpot Arya. Oom ma Arya ngerjain di kompie klurahan (gila, klurahan punya kompie mpe 4 unit, tapi smua nista gitu? Kagada yang make lagi... Tu kompie ato berhala, yeuh?). Bli? Dya terinfeksi virus cacar aer KKN, dan tebak sapa yang nyebarin? Yup!!! Gw!!! I'm so proud of myself... Trus kurang atu lagi... Di mana Memed? entah... Dya menghilang dari pagi, pulang2 maw pinjem letpot yang jadi inceran sepondokan... Jadi public enemy lah, dy.. Trus dy pergi lagi (Lhah, ki karepe piye? aku yo ra dong...). Pokonya, ktika smua hegtic itu nyaris berakhir, gw ma Bay terkapar bo dengan pulas. Sayup2 terdengar suara lelaki2 pondokan, ribut... Gw kluar bentar,, nanyain, paan si? Memed kecelakaan! Gw mule berimajinasi liar di pikiran gw yang ga sebrapa ini... Di tengah desa nan sepi dan damai ini? kecelakaan paan? Nyungsep ke kebon Salak? Masuk kandang ayam? Nyenggol mbah2 di pinggir jalan? Apa? Apa? Trus dengan mata masi kriyep2, dan kuping blom on sepenuhnya, gw denger, dy tabrakan ma anak KKN juga.... Ya ampyun... dan TKPnya? di depan pondokan KKN... Bageuuussss...Trus lelaki2 itu bilang, dya dibawa ke RS terdekat, dan off they go... Dalam pikiran gw mule berkelebat bayangan2 lagi, yang ngebayangin Memed kek Panda dulu... darn... gw ga sanggup ngebayangin, trus gw terlelap lagi, hehe... Ketika Bay ngulet2 bangun dari bo-nya, gw terkejut trus sadar kalo kjadian yang dicritain lelaki2 pondokan itu penting... Baru dah, gw sampein ke Bay... dan yang taw gw bo lagi? Heheh, Tuhan, ma gw... Cuman bentar ko... mpe Ibu nyadar kalo ada yang ga beres di pondokan... hehe... muupkun gw teman2...
Yah, demikian sekelumit kedunguan TQBo yang rada gak nampak slama KKN... ketika kembali ke kehidupan normal, TQBo kembali bertransformasi jadi TQBo yang biasanya, dungu dan keras kepala, hehe...
I owe you a lot, God... Love You...

No comments: