Friday, March 30, 2007

A friend named Sekar

Seorang teman dari masa sangat lampau datang bermain hari ini dan kemarin (20&21/02/2007). Seorang teman bernama Sekar. Tapi, aku tidak mau memanggilnya Sekar,,, biarkan aku memanggilnya,,,, Dini.

Setelah beberapa kali ngebatalin (Bujug, ada kali 3 kali ngebatalin kunjungan ke Yogya, gara2 temen yang g nepatin janji,,,), akhirnya Dini, temen gw waktu di perantauan negeri seribu pulau, yang sinar mataharinya ada setiap saat, yang semua begitu sederhana, dateng juga,,, udah 3 taun g ktemu,,, dia? Blom brubah seincipun dari waktu kita SMP dulu, setidaknya secara fisik.
Dini, salah satu temen baek gw waktu ngejalanin masa SMP yang serba ambigu, ohohoho,,, Setelah berbincang2 (di masa kini), ternyata dulu kelakuan kita obblog banget de,,, ga masuk akal,,, marah2an sama orang laen, yang kalo dirunut bener2, kita skarang juga udah lupa marah kenapa? stupid,,, Tapi, yah, itu masa SMP gw, yang tercerabut dari pikiran gw,,, Sebagian dari gw masih merindukan masa SMP dulu, g heran pikiran gw masiy kek anak SMP,,, yah, fase perkembangan masa SMP gw kacobalo, jadinya kuota minimumnya gak terpenuhi, bo,,, Gara2 kerusuhan keparat itu,,, sigh, gw kutuk pelaku krusuhan jadi uget2 di TA Baguala,,,huehehehe,,,
Yang gw suka dari temen gw ini adalah, pemikiran gw mpir sama kek pmikiran dya. Yah, ga mungkin smua sama lah, emang kita kembar siam? Gw ma dya sama2 dibesarkan dalam kluarga yang ngehargain skola'an. Ortu kita berpikiran, slama mreka mampu dan kitanya maw skola, sok atuh silaken skola yang setinggi2nya,,, Kmaren nemenin Dini nyari pandangan bwt S2 dia ntar,,, huehehe,,, slama nyari S2 ntu, keknya kagada yang percaya 2 orang bertampang stupid dan moron ini nanyain info S2 buat diri kita masing2,,, huaaaahhh,,, dikira kita nyari info buat kakak kita gitu? hehh? kapan g ma Dini jadi punya kakak? Prasaan gw anak sulung dan dia anak tunggal,,, huahahaha,,,Yawis, petualangan sehari muter2 UGM kparat nyari info S2,,, masa' kagada pusat info soal S2? Kudu muter2 per fakultas buat nyari info,,, dasar gebleg yang bikin sistem,,,
Stelah nyari info S2, jiwa keperempuanan temen gw mule kluar,,, "Nyun, anterin gw ke Malioboro, yuk?!",,, hehh? whattt? opoooo?? Piye-piye??? Yah, sbagai temen yang baek, gw anterin lah dia ke Malioboro,,, dia scara spesifik minta kita nyari barang di koridor bawah malioboro,,, monjong,,, brangkatlah 2 manusia edun pada teriknya matahari pkl 12.45 siang,,, huaahhh, dengan cuaca kek gini, g heran kalo dia mule nyambitin pale gw ngeluh neraka bocor. mpe di Malioboro jam 1 siang,,, nyari oleh2 edan,, temen dia ada yang minta dibeliin cincin perak bermata item,,, ojroooot,,, Gw ngomong,,, "Dun, nyari di Mirota batik ajah,,,",,, tapi malang tak dapat ditolak untung tak dapat diraih,,, dia nolak mentah2 usul brilian gw itu,,, dengan alesan kalo di toko kaga bisa nawar,,,monjong,,, Siapa siy yang tega2nya nitip cincin perak mata item? Bukan hanya itu syaratnya,,, pake syarat ukurannya imut,,, ojrooot,,, bener2 de, nyari yang modelnya sesuai, yang ukurannya pas, yang nyaman di kantong membutuhkan tenaga nenek2 minum spret campur bludreks,,, Bayangin aja,,, dari jam 1, baru dapet tu cincin jam stengah 4,,, monjong,,, udah 2 kali puter malioboro,, mpe mbak2nya yang jual mpet ngliat kita. Dini mpe nadjar bakal ngegigit temen dia yang nitip tu cincin kalo mpe nolak,,,
Pas mo pulang, Tuhan berkehendak lain,,, tiba2 langit berubah mendung, dan tetesan H2O tumpah dari udara,,, sialll,,,, akhirnya, kembali kita berdua berkelana di koridor Malioboro (yang ternyata sepi kalo pas g lebaran,,,). Kali ini kita nyari gantungan mobil (ntu2 yang dipasang di spion mobil,,,) bernuansa pewayangan,,, 10rebu dapet 3 biji. huehehehe,,, Yah, dasarnya gw udah capek, gw ngajakin nyari minum di emol malioboro,,, yah, kita ngaso2 sambil minum slurrrp2,,, nikmat banget de,,,
Minum abis, tetesan airpun berhenti (bukan, gw g ngompol,,, ujannya slese,,,), kita bdua kluar,,, naek motor,,, bgitu mpe di jalan mataram, spertinya Tuhan hendak menguji kesabaran kita bdua,,, ujan lagi coba,,,!!! Akhirnya mpe kosan gw jam stengah lima dengan keadaan basah kuyup,,, sial,,, padahal jeans kegemaran gw dipadukan dengan jaket andalan gw niy,,,Parahnya lagi,,, Dini cuma bawa baju ganti spotong ma clana pendek,,, (padahal dia masiy di sini besok mpe sore menjelang,,,) mampus,,, mo gw tawarin baju gw, tapi trus gw sadar,,, dia ma gw beda banget ukuran badannya,,, bisa2 kalo dia minjem clana gw,,, dienya ude mpe malioboro, clananya masi aja di kosan gw,,, daripada gw yang malu, jalan ma orang g pake clana, mending dia make clana pendek de,,, bodo amat malem ini dinginnya begitu menggigit.
Gw sempet terlelap bentar,,, mpe magrib,,, trus, kita udah janjian,,,(hah? kita,,, Dini doang yang bikin janji2 sesuka2 hati,,, gw si nganterin aja,,,) ma temen yang laen,,, Gw tanya,,,"Dul, kita mo kmana?",,, Dini ngejawab "Gtaw niy, nyet,,,", arrrgggghhhh,,, ngapain lo pake janji? Yawis, tunggu, gw mandi ma ibadah yaph,,, He-eh,,, Trus tiba2 wajah Dini merah, malu2 anak prawan,,, "Eh, Tik,,, gw,,,, lapeeeerrrr,,,",,, monjong,,, prasaan gw ud g enak waktu dia manggil gw pake nama asli,,, "Tapi gmana, nyun? Masi ujan tuh, lagian lo janjian jam brapa?",,, "Eh,,, jam 7,,,",,, tik-tok-tik-tok,,, ini,,,, jammmm....... 18.15, bo,,, gw mandi ma ibadah aja lom!! buru2 gw mandi,,, pokoknya beres sbelom jam 7malem. Ujan masiy mengguyur Yogya,,, stelah minjem jas ujan dari anak kos,,, kita berkelana di jalanan YK lagi,,, gw nanya,,, "Mang kita mo kamana, Din?",,,ehhhh,,,,oh tidak!!! lo kagataw kita mo dibawa kemana? sakit lo, Din,,,!!! Akhirnya ketemu temen kita,,, trus Dini ngomong "Mang kita mo kemana, Fian?",,, "Mo ke tempat Lintang",,,"Oh,,,eh, boleh mampir makan g? laper banget ni,,,",,"Di tempat Lintang ajah,,,",,,"Oh,,,", yawis kita bertiga brangkat,,, dari bunderan UGM, ke JALAN GODEAN!!! Deket muke lo jauh,,, ngukur jalan banget gw hari itu,,,
Mpe di rumah Lintang, kamar tamunya dihiasi aneka camilan,,, yah, siiip banget de kalo bwat appetizer,,, nyam2,,, bener2 tuan rumah yang baek,,, hanya saja, sampe jam 8.45 malem,,, makan bsarnya g kluar2, bo,,,, prut gw mule bersuara dengan hebatnya,,, meminta tumbal,,, kecewa ga dapet makan gede, kita bertiga pamit dari rumah Lintang (Gw ma Dini merutuki Fian, gara2 g dapet makan,,,). Kita berkelana lagi nyari makan di Yogya, jam 9 malem,,,
Akhirnya makan di depan perpus UGM,,, jaoh ye, bo,,, Makanan dateng,,, Dini ngomong "Buset, banyak banget ya? nggak abis ni gw,,,",,, yawis, akhirnya kita makan,,, ditengah2 makan, gw nyerah,,, porsinya gede banget,,, trus Fian mengikuti jejak gw,,, dia juga ude g nyanggup,,, tinggal Dini masiy makan dengan suksesnya,,, mpe tandas,,,!!! Gw ngomong,,,"Untung lo bukan kuda lumping, Dun,,, kalo nggak tu piring juga lo makan,,,",,, Dini kembali tersipu2 anak prawan,,, "Laper, Tik,,,". Yawis, akhirnya gw ma Dini mpe kos gw jam 10 lewat,,,ehehehe,,,
Yang gw ma Dini omongin di bilik 3x3.5 alias kamar kos gw, itu out of the record,,, yang jelas gw ma dia akhirnya bobok jam 2 pagi,,, well, biasalah, girls' talk,,, sip,,, Jam stengah enam gw bangun,,, ibadah,,, trus dia bangun jam 5.45,,, ada telpon yang lama banget, mnurut gw,,,padahal gw masiy mo bobok,,, shoot, gw g bisa bobok lagi,,, eh, Dini ude slese nelpon,,, hening,,, g brapa lama kmudian,,, "Tik,,, gw g bisa bobok lagi niy,,,",,,ehm? ya,,,ya,,, "Tik, gw laper,,,",,,hehh? laper? apakah kamu sudah kluar dari pemikiranmu? (R U Out of your bloody mind?),,, ehehehe,,, bangun don, Tik, laper niy?! Monjong,,, mana kosan gw gada makanan apapun lagi,,, biasanya ada susu, tapi,,, karena gw jadi pengangguran terslubung, gw udah g punya persediaan makan apapun,ehehe,,, Yawis,,, tapi, lagi2 Tuhan berkehendak lain,,, hujan turun dengan suksesnya,,, "Tapi, Dun,,, ujan niy,,,",, "Monjong,,,", ehehe,,,
jam 7.30, ujan ude rada reda, kita mule berdebat syapa duluan yang mandi,,, eheheh, g penting emang,,, akhirnya,,, abis sgala eyel2an, kita siap jam 8.30,,, "Din, emang janjian ma Fian jam brapa?",,, eh,,, jam 9,,, Oh Tidak!!, "Jadi nyarap dulu, tak?",,, "Jadi dong, nyun,,,", akhirnya, kita nyari makan,,, karena Dini ngidam makan gudeg (yang udah dia omongin sejak nginjek kaki di Yogya,,,), gw ajak nyarap gudeg lah dia,,, nyaem2, beres jam 9.30, trus brangkat ktemu Fian,,, Stelah beberapa lama berselang,,, "Eh, Dun,, mana ni si Riffi?",,, Riffi ini guest star of the day, yang kehadirannya kita tunggu slama ini,,, "Bentar gw SMS dulu,,,",,,beberapa lama,,, "Eh, dul,,, keknya Riffi masi bobok de,,,",,,monjong,,, akhirnya jam 10.30, Riffi dateng,,, Dia bareng seseorang yang tampak familiar,,, ehm, siapa ya,,, Riffi ngomong "Eh, ingat g? Dia temen SD mu, Tik,,,",,,"Eh,,,siapa ya,,,?" Ehm,,, gw mule ngulik2 ingetan gw,,, stelah stengah jam,,, "Aha,,, gw tau!Gw tau!",,, "Siapa coba?",,, "Eheheh,,, lo Rivai kan? iya kan",,, Eh,,, tu cowo senyum2 doang,,, "Iyah,,,",,, waaa, nggak nyangka lo jadi segede ini,,, padahal dulu,,, "Eheheh,,,", gw mule curiga, sbenernya dia bisa ngomomng bahasa monyet (bahasa gw) g,,, "Fian, emang kita mo diajak kmana?",,,"Ke Wonosari, liat Yogya dari atas",,,Oh Tuhan, tidak,,, panas, bo,,, Mana jalannya nanjak lagi,,, cerdas banget de yang ngajakin,,,
Yah, di Wonosari sejam, trus jam 12teng kita turun, nyari makan di peradaban,,, panas banget, gila,,,makan2,,, beres,,, trus pamitan ma temen2,,, balik kos,,,
Mpe kos jam 2an, kalo g salah,,, Dini packing2 bentar (sempet ngebuat panik, soalnya blanjaannya banyak banget, gimana mo ngebawanya coba?), smentara gw ma Dini mo naek kreta tar brangkat jam3.15 sore, jadi sempet laaah, bo2k bentar,,,
Karena kurang tidur,,, akhirnya batre nene2 minum spret campur bludreks abis juga,,, slama di kreta kita berdua tewas dengan suksesnya, mpe sta purwosari,,,
Yah, sebuah antiklimaks, duduw Dini,,, lain kali kita jelajahi Yogya lagi,,,


Owh, beberapa hari stelah itu, dia SMS gw,,, isinya: Nyun, lo taw g,,, ternyata cincin yang buat temen gw itu masih kurang kecil buat dia, jadinya malah gw pake de,,,
Ahh,,, rasanya gw pengen nyambitin Dini ma temennya,,,

No comments: