Tuesday, April 1, 2008

Anak Bawang

Temen gw pernah ngomong ma gw, kalo dya paling muda di kantor (yaaa, seumuran gw... udah ngantor, pastilah jadi paling muda untuk saat ini... gila aja kalo lu udah jadi senior, trus temen2 gawe lu apa? anak2 TK?). Karena kami kaum2 junior, kami seringkali 'ditindas' oleh senior2 kami... (pengecualian bwat gw, soalnya di atas gw langsung principal, ehehehe... enaknyaaaa gawe di tempat imut...). Gw YMan ma dya...
temen gw: keknya gw masi diospek deh, sama temen2 kantor gw...
gw: hng? gimana?
temen gw: ya, karena gw paling muda dan masi single, gw jadi sering dilempar2...
gw: (dilempar2? gawe di mana ni bocah? kok kantore medeni...). Yah, wajar lah lu kan junior. tar juga lu pasti mbales sama junior lu kan? hehehe
temen gw: ya enggak, lah... eh, mbuh ya... (loh... kok jadi ambiguuuu?). Tapi kan sebel, Tik...
gw: Lah, dasar anak bawang...
dan selesailah percakapan hari itu...
hari lain, dya nanya... knapa disebut anak bawang ya? kok bukan yang lain? gw rada bingung jawapnya... correction, gw sangat bingung mo ngejawap... apakah gw mesti menjawap dengan jujur ato menjawap dengan bodoh, karena jawapannya bakal sama... 'yo, mbuh yo...'
gw mencoba menganalisis kata 'anak bawang', hasil analisis gw:
1. Anak bawang = junior karena, bawang gag punya anak... punyanya daun... makanya, dya lagi nyari2 anak buat dirinya... sebagai penerus generasi bawang2 di dunia ini, hati2lah kamu, apabila kamu disebut anak bawang, karena artinya, sebentar lagi, kamu akan menjadi remaja bawang, ibu bawang, nenek bawang, dan akhirnya mati, dikremasi menjadi bawang goreng yang ditabur di soto2 kesayangan manusia...
2. anak bawang = junior karena, bawang kan umbi, letaknya di bawah, jadi kemungkinan besar keinjek2nya lebih gede, senasip dengan jadi junior... walopun gw agak khawatir dengan lu2 pada yang nginjek bawang, karena artinya lu bakal berurusan dengan petani bawang yang kerja kerasnya lu injak dengan semena2... Nah, para senior, waspadalah... karena kalo lu menginjak junior lu, yang dalam hal ini 'anak bawang', mbok2 petani akan mengejarmu sambil mengacung2kan sabit... hakhakhak (ketawa jahat...)
3. anak bawang = junior karena, begitulah kehidupan orang Indonesia, penuh dengan ungkapan2 terselubung... maksut2 ambigu yang gag jelas, yang kalo ditanyain bakal mendapat jawapan 'heh, ora ilok...'. sampe skarang pun gw gataw, knapa mesti itu jawapannya... knapa gag bilang sejujur2nya... knapa orang tua gag bilang: 'jadi anakku, kalo di jepang ada momotaro, sebenernya kamu ini bawangtaro, kamu mami temukan di dalam bawang merah, waktu mami ngupas bawang mo bikin oseng2 buat papimu dulu...', tuh, lebih simpel kan?
yah, demikian ketiga analisis gw soal anak bawang = junior... mudah2an ini bisa memuaskan rasa ingin tau teman2 skalian, yang membaca blog gw... (walo gw juga gag yakin ada yang baca blog gw, selain keluarga besar gw... darn... knapa mesti mreka yang baca ya? kan akyu maluuuuuwwww...)...(kok agak njijiki ya, gaya omongan gw?).



PS: slama di Bandung, gw bingung, knapa emang2 yang jualan sgala macam suka menyisipi kata2 di dagangan mreka, for instance: kerupuk --> kararupuk, pisang ---> parisang... weird.. suka geli sendiri ngedengernya...


--
TQBo

5 comments:

satz yox satriyo yox oye said...

kalo ngiris bawang kan bikin nangis.. anak kecil kan suka nangis...

jadi anak bawang = anak yang suka nangis... halah.

lembukuning said...

kerjaannya nulis blog wae
kerja! :p makan gaji buta neh
hehehe

adam brown said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Benazio R.P said...

wahaha ada ada ajaa ..
mbuh mbuh bahasa apaan ya hehe ga ngerti . hohoho. met knal btw ! ^^

TiQi Bo said...

Dari om gw... nama om gw, om jon...

Anak bawang pasti keciiiillll dan baunya masih menyengat makanya anak bawang putih lebih sedap rasanya daripada bawang putih yang udah keriput tidak ada rasanya.
kalau anak bawang merah ya kayak yang nanyain anak bawang!!!! warnanya belum merah, kecuali kalau mau dijadikan bumbu, tiba-tiba berubah jadi merah kayak cewek ABG liat Brad Pitt ato Om jon. he he he NARCISS lagi!!!!